Bimbingan Pengawasan Pengadilan Tinggi Agama Medan ke Pengadilan Agama Simalungun

Pada hari rabu tanggal 12 Agustus 2015 tampak rombongan pengawas dari Pengadilan Tinggi Agama Medan untuk melakukan Bimbingan dan pengawasan di Pengadilan Agama Simalungun. Rombongan tiba pada Pukul 09.00 Pagi hari.

Tim Binwas Pengadilan Tinggi Agama Medan datang dengan membawa amanah dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan dengan surat tugas bernomor W2-A/2360/PS.00/III/2015 tertanggal 4 Agustus 2015, tim beranggotan 7 orang orang, yaitu :

1.       Dr. Hj. Djazimah Muqoddas SH., M.Hum

2.       M. Ridwan Siregar, SH

3.       Drs. H. Busra, Sh., MH

4.       Drs. H. Armia Jalil, SH., MH

5.       Drs. H. M. Anshary MK, SH., MH

6.       Drs. Ali Mukti Daulay

7.       Muhammad Syahrur Ramadhan, SH., MH

Tim Binwas ini bertugas melakukan pembinaan dan pengawasan dengan melihat, meneliti dan memberi petunjuk langsung kepada setiap bagian yang diperiksa.

Terdapat beberapa hal yang harus ditindak lanjuti misalnya di bagian umum mengenai penghapusan BMN dan di bagian Perpustakaan khususny. Di bagian keuangan mengenai standarisasi peraturan dan perundang-undangan Menteri Keuangan.

Sementara di bagian kepaniteraan, Tim memeriksa begitu banyak buku sampai bertumpuk-tumpuk, mulai buku jurnal, register yang panjang-panjang serta laporan-laporan sampai ke arsip. Dengan tenangnya pak Tim Binwas memberikan petunjuk langsung seperti penutupan buka jurnal setiap perkara, ketelitian mengisi buku register sesuai dengan buku Pedoman pelaksanaan tugas dan Administrasi Peradilan Agama yang terbaru.

Ibu Dr. Hj. Djazimah Muqoddas SH., M.Hum dengan gaya keibuan yang lembut dan manis, mengambil beberapa gambar poster dari akibat-akibat yang timbul karena perceraian di ruang mediasi. Dan memberikan apresiasi kepada Pengadilan Agama Simalungun tentang poster tersebut. Karena hal ini dapat memperkecil angka perceraian dan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sewaktu mediasi kepada pihak berbperkara.

Pada tanggal 14 Agustus 2015 sampailah pada acara pemaparan hasil pengawasan dan pembinaan di Pengadilan Agama simalungun. Dihadiri oleh Beberapa ketua dan Panitera Pengadilan Agama Tingkat Pertama di Sumatera Utara. Bapak M. Ridwan Siregar, SH bertindak sebagai pimpinan tim, dengan gaya mantab, berwibawa serta bersahabat sesuai dengan perawakannya menyimpulkan beberapa hal dari hasil pembinaan dan pengawasan di Pengadilan Agama Simalungun memberikan arahan yang jelas, tegas dan lugas, mengatakan bahwa dalam bekerja, beraktifitas kita terkadang lupa, silap atau teledor, untuk mengatasi hal itu kita perlu menngoreksi hasil kerja kita kembali, meningkatkan disiplin diri dan juga tak gengsi bila di beritahu atau dinasehati oleh orang lain. Dan mengenai pembinaan pengawasan ini, Bapak M. Ridwan Siregar, SH meminta kepada pimpinan Pengadilan Agama Simalungun agar menindak lanjuti hasil BINWAS dan melaporkannya ke Pengadilan Tinggi Agama Medan.  @it

 

 

 

PELANTIKAN PANMUD PERMOHONAN PENGADILAN AGAMA SIMALUNGUN

 

 Selasa, 28 Juli 2015, pukul 11.00 WIB bertempat di Ruang Sidang I, Ketua Pengadilan Agama Simalungun, Drs. Syafii melantik Panmud Permohonan yang baru an. Supardi, SH yang sebelumnya bertugas sebagai Panitera Pengganti pada Pengadilan Agama Pematangsiantar.

Acara pelantikan tersebut dilaksanakan di Ruang Sidang Pengadilan Agama Simalungun yang dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera Sekretaris dan para pegawai Pengadilan Agama Simalungun beserta undangan dari Pengadilan Agama Pematangsiantar.

Dalam sambutan Ketua Pengadilan Agama Simalungun mengungkapkan” Semoga dengan kedatangan Panmud Permohonan yang baru Pengadilan Agama Simalungun menjadi lebih baik lagi dan lebih maju lagi.

Acara pelantikan berjalan dengan lancar dan ditutup dengan pembacaan do’a oleh Hakim Pengadilan Agama Simalungun, Drs Badaruddin Munthe, SH. Kemudian dilanjutkan dengan ucapan selamat dan photo bersama dari semua pegawai.

 

UCAPAN DUKA CITA

PENYERAHAN ZAKAT DAN BUKA PUASA BERSAMA DI PENGADILAN AGAMA SIMALUNGUN

 

(pasimalungun.net)  Selasa, 7 Juli 2015 Hari ini bertempat di Musholla Pengadilan Agama Simalungun dimana setelah sholat berjamah tampak berkumpul ramai orang. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang biasa dilakukan secara rutin di setiap tahunnya yaitu Penyerahan Zakat untuk orang yang berhak menerimanya. Kegiatan tersebut dimulai dengan kata sambutan dari panitia Upz dan kemudian di lanjutkan oleh Ketua Pengadilan Agama Simalungun, Drs. Syafii dan dilanjutkan dengan Pembagian Zakat kepada yang berhak menerimanya. Acara akhirnya ditutup oleh doa bersama oleh Hakim PA Simalungun, Drs. Nummat Adham, SH.,MA.

Kegiatan Penyerahan Zakat tersebut dirangkai dengan Acara Buka Puasa Bersama pada sore hari di depan Musholla Pengadilan Agama Simalungun. Tampak semua Keluarga Besar PA Simalungun berkumpul disertai dengan canda dan tawa sambil menunggu waktu berbuka. Tampak suasana penuh kekeluargaan ketika berkumpul setelah lama tak berjumpa.

Acara buka bersama diisi dengan ceramah yang dibawakan oleh Wakil Ketua PA Simalungun, Drs. Asman Syarif, MH. Ceramah tersebut menjelaskan kita sesama muslim harus seperti semut yaitu 3S:  Sapa, Senyum dan Salam. Selain itu buka bersama ini juga bertujuan untuk memperat hubungan silaturrahmi sesama Keluarga Besar PA Simalungun.

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama oleh keluarga besar Pengadilan Agama Simalungun.

 

RAPAT PENYUSUNAN RKA-KL TAHUN ANGGARAN 2014 PENGADILAN AGAMA SIMALUNGUN

 

RAPAT PENYUSUNAN RKA-KL TAHUN ANGGARAN  2014

PENGADILAN AGAMA SIMALUNGUN

 

(pasimalungun.net) Suasana Rabu 23 Januari 2013 begitu cerah, bertempat diruangan Aula Pengadilan Agama Simalungun, diadakan rapat tentang penyusunan RKA-KL untuk tahun anggaran 2014, yang diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Simalungun. Rapat tersebut dibuka oleh Wardiah A. Nasution, S.H, Panitera Pengadilan Agama Simalungun. Kemudian Drs. H. Basuni, S.H.,M.H, Ketua Pengadilan Agama Simalungun dalam arahannya secara singkat menyampaikan bahwa penyusunan RKA-KL tahun anggaran 2014 harus dibuat secara cermat dan tepat agar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh Pengadilan Agama Simalungun karena RKA-KL ini adalah merupakan dokumen perencanaan dan penganggaran yang berisi program-program dan kegiatan suatu kementrian/lembaga sebagai penjabaran dari rencana kerja selama satu tahun.

Dalam rapat tersebut, selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Simalungun, Drs. H. Basuni, S.H.,M.H mengajak kepada semua unsur pejabat pada Pengadilan Agama Simalungun, untuk memberikan kontribusi pemikiran dalam perencanaan kegiatan anggaran tersebut agar tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan karena tanpa pemikiran kita bersama bukan mustahil, tujuan, visi dan misi peradilan agama akan tercapai. Kemudian terakhir Ketua Pengadilan Agama Simalungun, Drs H. Basuni S..H,M.H berharap dalam penyusunan RKA-KL tahun anggaran 2014 Pengadilan Agama Simalungun dapat terlaksana sesuai harapan kita semua. (-it)